Equality and Diversity

Equality and Diversity

Pernah dengar sepenggal lirik lagu ini?

 

Bermacam-macam kita hadir disini tetapi kita satu…

Tidak ada yang putih, tidak ada yang hitam..

Kita bersaudara didalam Dia, karna percaya..

Yesus Tuhan, Yesus Raja, sgala Raja..

Kita ini bermacam-macam rupanya, bermacam-macam talentanya, bermacam-macam adat istiadatnya, bermacam-macam pekerjaannya, dan berbagai macam lagi keunikan dalam diri masing-masing. Namun, tidak ada yang putih tidak ada yang hitam, tidak ada yang salah dengan perbedaan itu karena disanalah kita bisa melihat betapa luar biasanya Tuhan kita dalam karya penciptaan-Nya.

Stephen R. Covey, penulis buku best seller, The 7 Habits of Highly Effective People pernah membuat quotes Strength lies in differences, not in similarities. Kekuatan itu berasal dari keberagaman kita bukan karena kita yang sama. Yang perlu disamakan adalah bagaimana cara kita memandang dan menghargai keberagaman itu.

Dalam firman-Nya Tuhan pun mengajarkan kita bagaimana kita memandang keberagaman itu.

Dalam Galatia 3:28 dikatakan “Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus. Hal serupa pun ditemukan dalam Kolose 3:11 “Dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan didalam segala sesuatu.” Pun di dalam Amsal 22:2 “Orang kaya dan orang miskin bertemu; yang membuat mereka semua ialah Tuhan.”

Semuanya berasal dari Tuhan sendiri. Dia yang menciptakan kita dan hendaklah didalam Dia kita selalu menjadi satu. Bukankah menjadi sia-sia pertengkaran dan perang karena masalah perbedaan? Justru kita yang telah mengetahui kebenaran dalam firman Tuhan hendaknya menjadikan perbedaan itu kekuatan kita. Menjadikan kita pribadi yang selangkah atau bahkan beberapa langkah maju didepan.

Tuhan memberkati